JATI DIRI

Program D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) mendapatkan ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti Depdiknas pada tanggal 26 Desember 2006, dengan dasar hukum Dirjen Dikti Nomor: 4922/DT/T/2006, tanggal 26 Desember 2006. Menurut sejarah berdirinya Program Studi ini merupakan kerjasama antara Departemen Tenaga Kerja (Depnaker) dan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), dimana kebutuhan tenaga ahli madya Hiperkes dan Keselamatan Kerja sangat dibutuhkan Depnaker, sedangkan Depdiknas cq Fakultas Kedokteran UNS selaku penyelenggara pendidikan. Hasil lulusan angkatan pertama dan kedua semuanya diserap oleh Departemen Tenaga Kerja, selanjutnya hasil lulusan sebagian diserap Depnaker dan yang lainnya diserap oleh perusahaan yang berlokasi hampir di setiap propinsi di Indonesia.

Saat ini Program D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja FK UNS berfokus dan bertekad mempertahankan dan mengembangkan peningkatan kualitas institusi agar tetap memiliki mutu yang baik dengan daya saing tinggi. Pada tahun 2011, dengan SK nomor 003/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/VI/2011 tanggal 17 Juni 2011, mendapatkan akreditasi peringkat B, dan pada tahun 2016 ini akan melakukan reakreditasi.

Beban studi yang harus diselesaikan 110 SKS yang ditempuh dalam 6 semester. Tingkat kelulusan mahasiswa tepat waktu sebesar 98%; hal ini disebabkan karena salah satu penyebabnya ada mahasiswa yang sudah direkrut perusahaan yang menjalin kerjasama perekrutan lulusan sebelum mereka lulus atau bersamaan dengan program magang.
Dalam menjalankannya perannya sebagai pencetak ahli madya hiperkes dan keselamatan kerja, Program Studi ini mengembangkan dirinya dengan berkonsentrasi kepada pembentukan lulusan yang lebih berorientasi kepada pengelolaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja berfokus pada kemampuan profesional dalam higiene perusahaan. Hal ini didukung dengan mata kuliah Higiene Perusahaan I (HPI), HP II, HP III dan IV yang diberikan pada semester II, III, IV dan V, yang kemudian merupakan jati diri Program D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja Fakultas Kedokteran UNS.